Saturday, September 9, 2017

Ngaku Pemberani? Yuk Wisata Malam Hari ke Lawang Sewu



Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat seseorang menyebut Lawang Sewu?Apakah horor? Angker? Menakutkan?

Tahukah kamu, pendapat seperti itu tak sepenuhnya benar. Lawang Sewu yang terkenal ini sebenarnya terlalu megah dan indah kalau harus disemati dengan image horor dan isu-isu miring yang tak enak didengar.

Lawang Sewu yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Ayat-Ayat Cinta ini terletak di tengah Kota Semarang, tepatnya di Komplek Tugu Muda. Bangunan ini dahulu merupakan Kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia.

Lawang Sewu  tahun 1920an
Kalau kamu berminat wisata ke Lawang Sewu, kamu bisa mencatat alamat ini. Lawang Sewu berlokasi di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tiket masuk untuk per orang cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 10.000,- saja. Namun, harga ini belum termasuk biaya jasa tour guide. Kamu bisa membayar jasa tour guide dengan tarif sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- untuk satu rombongan. Murah banget, bukan? Tunggu apalagi, pesan tiket pesawat ke semarang sekarang juga.

Liburan ke Lawang Sewu akan membuatmu merasa tersesat dalam nostalgia masa penjajahan Belanda. Sebelum masa kemerdekaan, Lawang Sewu difungsikan sebagai kantor pusat dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Tak heran, kamu bisa melihat banyak benda dan rekaman sejarah dunia perkeretaapian Jawa Tengah di lantai pertama Lawang Sewu.

Bangunan ini disebut sebagai Lawang Sewu lantaran memiliki pintu yang sangat banyak. Pintu yang memisahkan antar ruangan dibiarkan terbuka, sehingga jika kamu berdiri di ruangan terujung, kamu juga dapat melihat temanmu melambai di ruangan lainnya.

Pintu-pintu yang saling berderet. (Sumber: tabloidwisata.com)
Saat kamu memasuki lantai dua gedung Lawang Sewu, kamu mungkin baru akan merasakan jika suasana gedung ini cukup sepi. Namun, jangan khawatir, ada tour guide super ramah di Lawang Sewu yang bisa mengantarmu menjelajah. Kalau tak cukup naik ke lantai dua, kamu bisa meneruskan ke lantai tiga. Kalau masih belum puas juga, kamu bisa naik ke area loteng yang menurut informasi dari seorang guide, pernah digunakan sebagai gudang saat Lawang Sewu masih difungsikan sebagai kantor.

Namun, kamu perlu berhati-hati, jangan bermain gadget atau melamun saat menuruni tangga di Lawang Sewu, terutama tangga curam yang sempit di lantai teratas. Bukan apa-apa, kalau terpeleset, nanti acara jalan-jalan ke Lawang Sewu jadi tidak seru lagi, kan?
Barangkali ada beberapa di antara kamu yang penasaran ingin turun ke penjara bawah tanah yang terkenal itu. Namun jika petugas melarang untuk turun, jangan memaksakan diri, ya. Belakangan ini penjara bawah tanah Lawang Sewu memang sedang mengalami renovasi. Kalau hanya menengok, mungkin diperbolehkan oleh guide.

Selain menjelajah bangunan utama Lawang Sewu, kamu tentu penasaran juga untuk mengintip sumur tua yang berada di sebelah kanan bangunan utama. Sumur tua yang gosipnya selalu ditutup ini, katanya pernah jadi lokasi pembantaian.

Salah satu lorong bawah tanah di lawang Sewu (Sumber: lastrisulas.blogspot.com)
Namun, itu semua sama sekali tidak benar. Pengunjung diperbolehkan kok untuk menengok ke dalam ruangan sumur tua. Menurut seorang tour guide di sana, isu-isu miring tentang pembantaian di Sumur Tua Lawang Sewu tersebut adalah hoax untuk menjatuhkan reputasi Lawang Sewu. Sumur tua ini bahkan sempat digunakan sebagai sumber air bersih lho saat masa penjajahan dulu. Berguna banget, kan?

Nah, kalau kamu pemberani, kamu bisa wisata di Lawang Sewu saat malam hari. Lawang Sewu dibuka hingga pukul 9 malam sehingga kamu bisa merasakan petualangan jelajah Lawang Sewu dengan sensasi yang lebih menantang.

Jangan takut, Lawang Sewu tak seseram yang kamu bayangkan kok. Bangunan ini justru sangat indah jika dikunjungi saat malam hari karena lampu-lampu jingga mulai dinyalakan. Buktinya, lantai dua Lawang Sewu dan tangga kaca patri yang legendaris itu digunakan untuk syuting film Ayat-Ayat Cinta. Terbukti kan kalau Lawang Sewu adalah bangunan yang indah?Selamat berpetualang di Lawang Sewu!