Saturday, January 9, 2016

Tips Recommended Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


Tiket pesawat oh tiket pesawat…tinggi sekali kamu disana. Pasti banyak dari kita yang pengen melancong tapi bingung karena waktu liburan yang super singkat. Ingin lewat jalur darat atau laut tapi lama dan ribet sampe pusing tujuh keliling. Pesawat itu memudahkan kita untuk pergi kemana saja dalam waktu yang singkat dan tanpa ribet walaupun sebenarnya esensi dari proses perjalanan atau berpetualang itu sendiri hampir tidak ada. Bayangkan kita kan mau traveling, tapi gak lucu dong masa baru dua jam langsung sampai tujuan. Dimana kesannya coba? Haha


Tapi ya mau gimana lagi, traveling jaman sekarang beda dengan jaman nenek moyang dulu yang benar-benar menghargai prosesnya. Kita dijaman modern walau semuanya serba canggih dan serba cepat namun kok rasanya waktu yang kita punya lebih sempit. Nah karena waktu yang dirasa semakin sempit inilah, manusia modern maunya yang serba instan. Mau bepergian juga pengiinnya langsung sampai tujuan yaitu memakai pesawat!

Buat para traveler pemula macam saya, pesawat merupakan sesuatu yang bergengsi dan semacam hal tersier yang membuat teman berkata “Cieeee naik pesawat cieeee”  Dikarenakan harga tiket pesawat yang tidak murah apalagi untuk ke luar negeri sana. Jangankan luar negeri, harga tiket pesawat untuk tujuan dalam negeri macam papua sana juga ya ampun mahalnya, bisa buat dp rumah. Tapi kalau luar negerinya macam Singapore, Malaysia, dan tetangga-tetangga dekat lainnya sih masih terjangkau. 

Untuk itu saya mau berbagi tips yang saya rangkum dari berbagai sumber di internet yang juga mereka rangkum dari berbagai sumber, yang sumber mereka juga merangkum dari berbagai sumber  xD . Ini tipsnya…..

Cara Mencari dan Mendapatkan Tiket Pesawat (Murah) Untuk Traveling

1. (Kalau Bisa) Hindari Hari Libur
Harga tiket pesawat sangat bervariasi tergantung apakah itu hari liburan atau hari kerja efektif. Di Indonesia, hari libur sekolah (bulan januari-februar dan Juli-Agustus), libur lebaran, dan libur natal-tahun baru akan sangat banyak orang yang liburan menggunakan pesawat (kalau di Eropa, peak seasons ada di bulan Agustus) maka sesuai hukum ekonomi, tiket pesawat juga akan berada pada titik termahal karena banyaknya pelanggan.

 Tiket pesawat juga murah saat hari-hari efektif bekerja seperti hari senin-kamis, jadi cutilah pada hari sibuk karena pengguna jasa penerbangan tergolong minim jumlahnya pada hari tersebut. Waktu penerbangan tengah malam sampai subuh juga tergolong murah karena rata-rata orang bakal malas bepergian pada jam-jam itu. Jadi kalau kamu bisa menyesuaikan jadwal traveling kita denganhari-hari efektif, dijamin bakal dapet tiket pesawat termurah sepanjang masa. Tapi kalau kita Cuma bisa pergi saat hari-hari libur ya siap-siap lah dapet peak season price.

2. (Kalau Bisa) Hindari Lokasi Wisata Yang Mainstream
Tempat wisata sejuta umat seperti Bali, Yogyakarta, Singapore, Thailand, dll bakal mempunyai harga tiket yang mahal karena ya pengunjungnya juga banyak jadi maskapai penerbangan tidak akan khawatir akan kekurangan penumpang. Sebaiknya carilah tempat-tempat yang belum terkenal dan belum terlalu banyak pengunjungnya ( Timor Leste misalnya, hehe) karena harga tiket juga bakalan diskon besar-besaran bro.

3. Carilah Tiket Promo!
Kalau yang ini pasti sudah pada tau kan? Tiket promo berperan penting dalam mendapatkan tiket pesawat yang murah. Banyak sekali maskapai yang mengadakan promo tiket, seperti Lion Air dan Airasia kecuali Garuda (kayaknya). Tiket promo maskapai luar negeri juga banyak yang mengadakan promo, contohnya teman saya mendapatkan tiket Bangkok-Norwegia menggunakan Norwegian Airlines seharga $200 saja! Bahkan ada yang promonya kebangeten! Jakarta-Singapore cuma bayar Rp. 49.000 katanya hanya untuk ganti aftur saja! Murah kan?
                                                                    
Tapi biasanya tiket promo berlaku untuk pemesanan jauh-jauh hari. Untuk penerbangan domestik biasanya 60 hari sebelum pemberangkatan, sedangkan penerbangan Internasional sekitar 150 hari. Ini tiket promo model jauh-jauh hari sangat bermanfaat untuk perencanaan rencana traveling kita. Jadi sebelum hari H kita masih punya waktu untuk mengumpulkan cuti, mengumpulkan uang, mengumpulkan rencana sehingga traveling kita bakal terorganisir dengan baik. 

Untuk mendapatkan tiket promo sangat mudah, kamu tinggal kunjungi website-website penyedia jasa layanan tiket seperti traveloka, pegipegi.com, dll. Atau bisa langsung kunjung situs resmi maskapai penerbangannya. Tapi jika melalui penyedia jasa tiket traveling biasanya mereka mempunyai promosi khusus yang tidak ada di website resmi maskapai penerbangan. Jadi jika kamu melihat sebuah promo tiket pesawat murah yang hits banget! Segera booking! Karena yang mau booking juga banyak gaes!

4. “Clear Cache Browser” Sebelum nge-Cek Harga Tiket
Kenapa harus di clearin dulu cache browsernya? Karena biasanya kalau kita berkunjung ke jasa pemesanan tiket pesawat online lebih dari satu kunjungan maka harganya akan lebih mahal walau Cuma sedikit. Biasanya pada kunjungan pertama harganya Rp. 268.000 maka pada kunjungan kedua bisa Rp. 298.000. Jadi pastikan kamu clear cache dan hapus history browser sebelum memesan.


5. Cobalah Rute Alternatif
Yang dimaksud rute alternatif disini adalah menggunakan rute terbang yang beragam. Misalnya nih, jika menggunakan penerbangan langsung / direct flight dari Jakarta – Bangkok harganya Rp 1.500.000, tapi karena kita coba cari rute alternatif Jakarta – Singapore Rp. 300.000 dan dari Singapore – Bangkok Rp. 700.000. Jadi total kita bisa ke Bangkok dengan harga tiket Cuma Rp. 1.000.000, lumayan kan sisa Rp.500.000 bisa buat jalan-jalan dulu di Singapore!

6. Jangan Beli Tiket Borongan!
Jika kalian pergi dalam sebuah party atau rombongan lebih baik beli tiketnya satu-satu saja, jangan beli tiket pesawat langsung empat tiket karena biasanya harga borongan itu lebih mahal dari pada beli satu-satu. Jadi mendingan kalian booking tiket pada waktu bersamaan tapi pesennya sendiri-sendiri. Walaupun nantinya kalian tidak bisa duduk barengan tapi setidaknya masih satu pesawat lah.

7. (Recommended) Kerja Keras & Nabung Biar jadi Orang Kaya
Nah ini yang paling penting gaes! Jika kita jadi orang kaya (banget) yang banyak duitnya maka semua tiket pesawat dari berbagai maskapai baik kelas atas maupun kelas rakyat bakal jadi murah. bahkan  mengeluarkan uang untuk membeli tiket pesawat kelas Executive itu cuman berasa seperti jajan di pinggir jalan lho!gak percaya? Coba saja mulai dari sekarang kamu kerja lebih giat dan nabung yang banyak. Setelah uangnya terkumpul banyak maka mulailah membuka usah dan berinvestasi. Setelah itu uang bakal mengalir dengan indah kedalam rekening bank kamu. Keren kan?

8. Booking Sekarang!
Kalau kamu tidak sabar menunggu jadi miliarder hanya untuk beli tiket pesawat maka jangan mendunda-nunda rencana bepergianmu .