Friday, January 15, 2016

20 Tips Sebelum Berangkat Traveling Ke Luar Negeri

Ismir, Turkey, by Meg Mitchell
Jika kamu baru mau bepergian atau liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya, mungkin kamu butuh sedikit pencerahan supaya nantinya liburanmu mulus dan lancar tanpa ada masalah. sebagai pemula world traveler ada baiknya kamu terlebih dahulu mengunjungi negara-negara yang dekat-dekat saja, seperti traveling ke Singapore misalnya. Berikut ini 20 tips yang harus kamu siapkan sebelum memulai perjalananmu ke luar negeri.
Keamanan & Kesehatan
1. Cek kesehatan. pastikan kamu dalam keadaan sehat dan tidak ada penyakit beresiko tinggi yang bakal menghantui perjalanan kamu. Pastikan juga kamu mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, khususnya jika bepergian ke negara-negara dengan epidemi penyakit yang tinggi.
 2. Bawa salinan passport. Jika passport kamu hilang atau tercuri setidaknya kamu punya bukti identitas kewarganegaraan sehingga akan memudahkan kamu berurusan dengan pihak berwenang seperti kantor keimigrasian setempat.
3. Backup salinan passport kamu. Untuk keamanan tambahan, tinggalkan salinan passport kamu dirumah atau kepada orang yang kamu kenal dengan baik. Salinan passport dalam bentuk hasil scan juga perlu di upload ke internet supaya kamu bisa mengunduhnya kapan saja saat dibutuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu tidak membawa salinan passport dalam bentuk fisik saat berada di luar negeri.
4. Daftarkan diri kamu ke kedutaan setempat. Pendaftaran atau penginformasian ini bisa dilakukan secara online atau via telepon. Jika ada masalah di negara tempat kamu berkunjung, maka kedutaan setempat bisa dengan mudah menghubungi dan membantumu.
Uang
5. Cek kurs keuangan saat ini. Kurs Rupiah saat ini sedang dalam kondisi yang sangat lemah, menembus angka Rp. 14.000 per dollarnya. Jadi sebaiknya kamu cek dulu kurs rupiah terhadap mata uang tujuan, biar tidak terkejut.
6. Pastikan keberlakuan kartu kredit atau kartu bank kamu. Ini sangat penting karena biasanya kita jarang membawa uang cash dengan alasan repot dan tidak aman jadi kita menggunakan kartu bank atau atm yang bisa digunakan secara internasional. Jika kartu bank tidak berlaku di negara tujuan, maka pastikan kamu bawa uang cash yang banyak.
7. Tukarkan uang dengan menggunakan ATM. Jasa penukaran uang di airport maupun di jasa-jasa penukaran uang lainnya biasanya memberi charge yang tidak sedikit. ATM bisa menjadi solusi karena mereka menerapkan charge yang standar dengan kurs yang terkini.
8. Selalu bawa uang receh. simpan recehan mata uang setempat kamu karena sangat berguna untuk membayar ini itu, dan juga dengan alasan keamanan misalnya supaya saat kamu beli barang di pasar tradisional tidak diincar oleh penjambret yang mengira kamu sebagai traveler kaya karena membayar menggunakan uang yang besar.
9. Hubungi pihak bank. Kadang-kadang bank akan menganggap ada tindak penipuan atau penggelapan jika transaksi kartu kredit tiba-tiba terjadi di Zimbabwe padahal kamu berasal dari Bandung, dan pihak bank akan menutup akun kamu.
10. Cek bea masuk atau keluar sebuah negara. Beberapa negara mengharuskan para pelancong membayar untuk bisa masuk atau keluar dari negaranya. Biaya ini bervariasi dari $25 - $200, biaya ini biasanya tidak dimasukan ke dalam harga tiket pesawat.
Perlu tips rekomended mendapatkan tiket pesawat promo? baca artikelnya disini
Lakukan Riset 
11. Beli tiket duluan untuk tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Jika kamu ingin mengunjungi wahana wisata seperti disney world, atau ingin berselancar di salju pegunungan alpen kamu bisa membeli tiketnya dulu. Biasanya pembelian jauh hari akan mendapat promo khusus. Dengan membeli tiket duluan juga membuat kamu fokus dan mudah dalam mengatur pengeluaran.
12. Dapatkan panduan tempat yang akan kamu kunjungi. Panduan-panduan ini bisa berasal dari website-website traveler yang telah membahas tempat yang akan kamu kunjungi. Rangkum tips-tips tersebut dan print. Biasanya banyak buku panduan yang bisa kamu download secara gratis dan kamu print sebagai buku pegangan kamu saat menjelajah. Download juga aplikasi smartphone untuk panduan wisata seperti trip advisor, dll.
13. Cari tahu event-event yang sedang berlangsung di negara tujuan. Hal ini membuatmu tidak akan kehilangan momen-momen berharga. Acara-acara menarik seperti pertunjukan, festival, upacara adat, atau kejadian alam. Pastikan juga kamu cari tahu makanan lokal yang harus dicicipi. Kamu pastinya tidak mau meninggalkan sebuah negara tanpa mengalami apa yang membuatnya terkenal kan? 
Elektronik
14. Cek kembali kelengkapan gadget kamu. Jangan sampai ketika sudah berada di negara tujuan charger handphone atau kamera kamu ketinggalan. Bakalan repot jika kamu harus mencari-cari  charger yang sesuai untuk gadget kamu.
15. Bawa adaptor untuk charger. Setiap negara mempunyai jenis colokan yang berbeda-beda. Pastikan kamu membawa adapter yang bisa mengantisipasi perbedaan colokan tersebut
16. Cek voltase barang elektronik kamu . Masing-masing standar voltase setiap negara berbeda-beda, jangan sampai beberapa barang elektronik kamu tidak bisa digunakan karena mempunyai  tegangan di bawah atau diatas standar voltase negara tersebut.
Barang Bawaan & Packing
17. Barang penting harus dibawa kedalam kabin. Jangan taruh barang-barang pentingmu didalam bagasi karena bisa saja terjadi kehilangan tas bagasi. Taruhlah paspor, gadget, uang, dan barang penting lainnya di dalam tas yang kamu bawa kedalam kabin
18. Bawa pakaian tambahan di dalam tas kecil. Pastikan kamu membawa sebuah tas yang bisa dibawa kedalam kabin. Untuk jaga-jaga bila ada masalah terjadi pada tas besar kamu yang ditaruh di bagasi, jadi kamu punya pakaian cadangan sembari menunggu tindak lanjut dari pihak maskapai. 
19. Check limit bawaan maskapai penerbanganmu. Biasanya setiap maskapai punya limit barang bawaan per kilo. Jadi cek kembali berat bawaan kamu apa melebihi limit atau tidak. Jika barang bawaan kamu seabreg banyaknya, maka siapkan uang tambahan untuk chek in bagasi berlebih.
20. Bawa snack atau makan kecil. Bepergian ke luar negeri itu menyenangkan, tapi terkadang selalu timbul masalah kebutuhan perut dimana makanannya tidak sesuai lidah dan kantong atau tidak halal bagi seorang muslim. Keberadaan makanan yang kita bawa bisa menjadi solusi selagi kita mencari tempat makanan yang sesuai.
Segitu dulu tips sebelum berangkat bepergian ke luar negeri, Kalau kamu punya tips lainnya atau jika ada yang perlu di ralat bisa ditambahkan di kolom komentar. 
Image & ideas from travelzoo.com

7 comments:

Bobby Ertanto (virustraveling.com) said...

Waw.. komplit plit plit mas. Jangan lupa juga untuk selalu cek barang-barang ya, jangan sampai ada keselip barang2 terlarang. Seperti kejadian saya di Changi tahun lalu.

cek disini ceritanya ya http://www.virustraveling.com/peringatan-keras-tak-boleh-lagi-masuk-singapura/

Thank you dan salam kenal ya mas.

Abenx Sagara said...

welah kok sampe bawa barang terlarang mas, kalo pengalaman pertamaku bawa rokok langsung di marahi gilak, hahaha. oke langsung meluncuurr

Haryadi Yansyah said...

Wah bagus ini tipsnya. Kalo mau berangkat paling jaga kesehatan, kalo mau cek agak susah hahaha.

Abeng Sagara said...

iya mas Haryadi, kalo ngecek mah agak ribet siih, hehe

Lusia Jahaubun said...

1 lagi, sebaiknya punya kenalan d negara tujuan supaya penginapannya gratis :D

Lusia Jahaubun said...

1 lagi, sebaiknya punya kenalan d negara tujuan supaya penginapannya gratis :D

Abeng Sagara said...

@lusia, haha bener bangett mba lusi, besok cari kenalan orang jepang dahh