Senin, 19 Oktober 2015

Merumput di Pantai Pero, Sumba Barat Daya



Kota kecil yang bernama Kodi, sebelumnya sudah saya ceritakan di post tentang Danau Weekuri, mempunyai banyak sekali obyek wisata yang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, padahal potensinya sangat bagus sebagai obyek pariwisata. Kali ini saya mengunjungi sebuah pantai yang masyarakat sekitar menyebutnya pantai Kodi, ya, sebuah pantai utama dengan pelabuhan kecil dan perkampungan nelayan di sekitarnya. 

Warga kampung nelayan disini rata-rata beragama Islam, sebuah hal yang jarang saya temukan ketika mendengar adzan Ashar sewaktu dalam perjalanan menuju pantai Kodi, karena Islam di Sumba merupakan minoritas. Kebanyakan warga kampung ini adalah pendatng muslim dari Flores.
Pelabuhan Nelayan Pantai Kodi 
Jalan sempit beraspal diakhiri dengan sambutan sebuah menara atau lebih tepatnya sebuah bangunan berlantai dua yang saya kira difungsikan sebagai gardu pandang. Namun pada saat saya kesana bangunan tersebut tertutup. Didepan bangunan tersebut terhampar padang rumput yang cukup luas, kontras dengan biru air laut yang seolah hanya dibatasi oleh sebuah garis tipis. 

Disini, disore hari, banyak warga yang melakukan kegiatan baik itu sekedar berkumpul, bermain bola, ataupun memadu kasih. Pemandangan ini sekali lagi membuat saya termenung menikmati indahnya kontras rumput dan air laut dengan angin sepoi-sepoi yang tidak terlalu berisik. Pelabuhan nelayan berada tepat disebelah pantai ini, hanya dibatasi oleh karang besar. 

Cast away wannabe!
Jika kita mengikuti padang rumput sampai ujung maka terbentanglah pasir pantai yang sangat luas, namun ketika kami hendak menuju hamparan pasir tersebut, seorang pemuda mewanti-wanti kita "kakak, jangan kesana jauh-jauh, banyak perompak, dekat-dekat saja sudah". Terpaksalah demi keamanan dan keselamatan kami hanya bermain pasir dekat dengan perkampungan penduduk, namun view yang kami dapatkan tetaplah indah, sebuah sunset yang menutup hari itu di Pantai Kodi.                                                                
Galeri :