Minggu, 27 April 2014

Tips Survival: Perencanaan Survival Kit


Perencanaan survival itu merupakan sebuah kesadaran bahwa mungkin sesuatu dapat terjadi dan menempatkan kita pada situasi dimana kita harus bertahan hidup. Hal ini dapat terjadi pada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Dengan mengantisipasi dan membuat rencana survival, berarti kita sudah mencuri start dalam mempertahankan nyawa kita. Perencanan survival berarti adalah persiapan. Persiapan berarti menyiapkan alat-alat survival yang dibutuhkan dan tahu bagaimana menggunakannya.

Survival tidak hanya untuk orang yang akan mendaki gunung atau yang terdampar di pulau terpencil saja. Orang yang bepergian menggunakan kendaraan seperti touring juga membutuhkan survival. Masyarakat yang tinggal didaerah bersalju sudah mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi medan mereka. Misalnya mereka menggunakan roda salju pada kendaraan mereka, membawa serta sekop, garam, dan selimut tebal. Contoh lainnya adalah kita bisa menemukan pintu darurat baik di elevator, pesawat, kereta, bus trans, dll. Itu menandakan bahwa segala sesuatu sudah dipersiapkan untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk.

Persiapan juga bisa dilakukan dengan sederhana, yaitu dengan mengetahui rute perjalanan kita dan buat familiar dengan daerah disekitar kita. Intinya, persiapan darurat itu sangatlah penting!

Pentingnya Perencanaan

Rencana kemungkinan darurat / pencegahan yang detail sangat berguna dalam menghadapi berbagai kemungkinan kondisi survival. Salah satu aspek penting dari perencanaan pencegahan ini adalah obat-obatan preventif. Dengan asumsi bahwa kita tidak punya masalah kesehatan dan immun tubuh kita kuat, maka dapat menghindarkan kita dari kemungkinan kematian lebih cepat. Itulah mengapa pada beberapa pendaftaran ekspedisi, atau kegiatan yang mempunyai tingkat survive yang tinggi mengharuskan surat keterangan sehat dari dokter.



Baca juga Tips Bila Tersesat di Alam Liar

Mempersiapkan dan membawa survival kit (alat-alat pendukung survival) juga tidak kalah pentingnya dari masalah kesehatan di atas. Alat-alat ini secara ajaib mampu menambah umur kita dan menunda kematian. Hampir semua pesawat terbang militer punya survival kit pada kursi lontarnya tergantung pada daerah mana yang akan mereka tuju. Ada kit untuk survival air, gurun, dan hutan.
Sebelum mempersiapkan survival kit mu sendiri. Ketahui dulu misi atau tujuan perjalananmu, kondisi lingkungan sekitar, dan alat-alat yang akan dibawa.

Survival Kits



Lingkungan merupakan kunci untuk mempersiapkan apa saja yang perlu di bawa dalam survival kit kita. Banyaknya peralatan survival yang akan kita bawa bergantung pada bagaimana kita akan membawanya. Survival kit yang akan dibawa bersama tubuh kita, tentunya haruslah lebih kecil dari yang ada pada kendaraan. Selalu lapisi survival kit kita, taruh alat yang paling penting bersama tubuh kita. Misal kompas, peta, pisau, harus selalu ada pada saku kita.


Selalu memilih alat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan (multifungsi). Jangan bawa satu-satu, itu hanya akan menambah beban dan tempat. Tempat yang digunakan untuk menaruh alat-alat survival juga harus kuat, yang paling penting adalah tahan air atau waterproof, mudah dibawa, dan bisa dikaitkan bersama tubuhmu.

Dalam survival kit harus ada :
-P3K
-Tablet pemurni air ( water purification tablet), bisa dibeli di apotik atau toko kimia
-peralatan pemantik api
-perlengkapan pemberi sinyal
-perlengkapan untuk (membuat) makan dan minum
-perlengkapan kemah / shelter
Contoh dari peralatan diatas :
-korek api, pemantik api manual, korek api kayu tahan air
-senar kawat
-kaca sinyal / kaca SAR
-Kompas
-Alat pancing ikan
-lilin
-tablet untuk diare dan infeksi (oxytetracyline)
-Lablet pemurni air
-Selimut / Lembaran aluminium foil
-pisau operasi / scalpel,
- alat jahit, benang dan jarum
- Kondom untuk penyimpanan air
- Pisau
-dll

Ini merupakan gambaran umum tentang bagaimana pentingnya persiapan dalam bertahan hidup. Penjelasan detail mengenai apa yang harus dibawa ada pada artikel-artikel berikutnya. Tetep pantengin blog keren ini sob!

Baca juga Tips-Tips Lainnya, supaya persiapan perjalanan kamu semakin matang!