Monday, September 7, 2015

Pantai Pasir Putih Sadranan & Ngandong di Gunung Kidul


Akhir pekan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, walaupun sebenarnya hari-hari biasa maupun akhir pekan itu sama saja, kenapa? yah...nasib pengangguran. Bingung mau kemana, ke gunung sudah sering, bukit juga lumayan bosen, sekali-sekali pengen juga main ke pantai dengan pasir putih, laut biru, dan karang-karang indah. Saya bergumam pada tembok kos yang cat-catnya mengelupas :

Tembok : Bali?
Saya : mmm.. sepertinya terlalu mainstream,
Tembok : Gimana kalau Lombok? Gili Trawangan? Bikini?
Saya : Boleh...tapi.. (sambil mengeluarkan dompet tipis yang isinya kembang-kempis) sepertinya impossible bro...
Tiba-tiba laptop menyela percakapan kami
Laptop : Berooh..berroohh..nih ada pantai cakep di Gunung Kidul loh, pasirnya putih...
Saya & Tembok : Beneran tuh? terus...
Laptop : Lautnya biru...
Saya & Tembok : Terus..terus..
Laptop : Karangnya lumayan bagus, dan katanya..
Saya & Tembok : Katanya apa cuuuukk???
Laptop : Bisa buat snorkeling loh!
Saya & Tembok : WOW!! Berangkatt broohhh!!

Tak menunggu lama, Saya telepon (baca : sms) temen perempuan (baca : girlfriend), and she said agree dengan begitu antusiasnya, maklum, jarang liburan dia. Tapi, betewe, pantai manakah yang dimaksud bro laptop? berhubung bro laptop sudah shutdown, sedangkan bro tembok itu is not responding, so the only way i can do is menanyakannya pada bro henpon yang notabene masih saudaraan sama bro laptop, dan setelah bro henpon bertelepati dengan bro leptop. Akhirnya kudapatkan sebuah jawaban, pantai tersebut adalah pantai Sadranan, berlokasi di Gunung Kidul, DIY. Bro henpon bahkan memberikan infonya dengan sangat detil sampai ke koordinat GPS lho!.

Koordinat GPS Pantai Sadranan yakni S8°8'44" E110°36'14", terletak disepanjang jajaran timur pantai Baron, yakni setelah pantai Krakal dan sebelum pantai Sundak. Kupacu keledai besiku berangkat dari Yogyakarta hadiningrat yang tentunya bakalan tetap istimewa sepanjang hayat. Waktu pemberangkatan adalah pukul 14:00, kenapa agak sore? karena sejujurnya saya tidak suka berpanas-panasan, plus katanya, pantai kalau di sore hari itu so sweet.

Kudaki Wonosari, Kuturuni Gunung Kidul. Rute untuk pantai-pantai Gunung Kidul tidak menyesatkan kok, Kalau dari arah Jogja, cukup ikuti saja jalan Wonosari sampai ke Kota Wonosari. Setelah alun-alun wonosari atau lebih tepatnya setelah pasar, nanti ada pertigaan ke kanan, menuju arah pantai. Terus ikuti jalan utama sampai menemukan gapura yang bersiap memalak kita sejumlah uang untuk ditukarkan dengan selembar tiket (tiket ini belum termasuk tiket parkir di lokasi utama lho). 

Setelah gapura tiket, jalan lurus adalah arah menuju pantai Baron, kita ambil yang kiri menuju deretan pantai timur yang sepi dan eksotis. Setelah itu kita tinggal pilih saja hendak mengunjungi pantai mana, disetiap persimpangan sudah ada papan penunjuknya, jadi tenang saja.


Sudah lama saya tidak mengunjungi 0 mdpl, dan tampaknya sudah banyak perubahan di sana-sini. Beberapa hotel kecil-kecilan mulai ramai bermunculan diiringi dengan warung-warung yang juga semakin banyak berjejer disepanjang jalan aspal yang saya tempuh. Melewati pantai-pantai kecil dan juga Pantai Krakal, masih jalan lurus terus sampai menemukan papan petunjuk kecil bertuliskan "Sadranan". Jalan berganti dari aspal menjadi berbatu. Di arah berlawanan, seonggok mobil Av*nza tengah terseok-seok dengan muka om-om pengemudinya tampak berkeringat dan sangat serius mengendarai gerobak canggihnya. Sebelum masuk pantai, ada sebuah hotel sederhana yang cukup luas, tampaknya didesain seperti resort dengan bangunan mirip cafe didepannya. Hmmm... tampaknya komersialisasi sudah mulai merambah surga terpencil ini.


Saya parkirkan motor pada tanah yang berpasir, hanya sedikit motor yang parkir disitu, selebihnya dipenuhi oleh mobil-mobil berplat B, D, F dan plat-plat Jawa Barat lainnya. Tampaknya publikasi pantai Gunung Kidul berhasil. 

Seperti yang telah pecinta jalan-jalan ketahui, belakangan ini sosmed-sosmed dan juga beberapa website sudah banyak yang mengupas keindahan dan keeksotisan pantai Gunung Kidul. Bahkan, ada beberapa buku wisata yang secara khusus mengupas semua pantai yang berada di Gunung Kidul. Tak ayal lagi, harga tanah disini kian melambung pesat, dan beberapa investor tampaknya sudah mulai bergerak dengan membangun hotel maupun resort disini.


Pasir pantai Sadranan terhampar tidak begitu luas, berwarna putih, membelakangi beberapa tebing-tebing karang dan dibelakangi oleh karang-karang yang menaungi beragam jenis satwa laut. Karang disini sangat dekat dengan pantai, ombaknya juga tidak terlalu besar, relatif tenang, hal ini dikarenakan spot karang ini dibelakangi oleh tebing karang yang menghalau hempasan ombak, sehingga spot ini bisa digunakan untuk kegiatan snorkeling.

Beberapa Klub pecinta snorkeling sudah membahas potensi pantai Sadranan Sebagai salah satu (bahkan mungkin satu-satunya) spot snorkeling di DIY. Namun sayang, ketika saya tengah asik menikmati semilir ombak dan hempasan angin, seketika itu kenikmatan itu terganggu oleh ulah beberapa anak muda yang tergolong alay tengah mengambil paksa karang-karang indah tersebut, ditumpuk, ditimbun menjadi satu, kemudian mereka pilah yang bentuknya bagus dan mereka masukan kedalam plastik. 

HEY! What the f*ck are you doing?!. Inilah sesungguhnya yang merusak indahnya alam Indonesia ini. Ketidakpedulian yang dikarenakan ketidakterdidikan masyarakat. JANGAN DITIRU! take nothing but picture is not usable in this region, i think...

Disebelah pantai timur Sadranan terdapat pantai Ngandong. Nama-nama pantai di Gunung Kidul hampir semuanya dibatasi oleh tebing-tebing karang. Di Pantai Ngandong terdapat warung-warung dengan meja-meja outdoor yang tampaknya cukup asik untuk menikmati segarnya angin laut sambil menikmati satu biji es kelapa muda utuh. Atau mungkin juga ingin berjemur seperti di Gili Trawangan? bisa banget! ada beberapa kursi tidur yang sudah disiapkan oleh penduduk setempat. 

Ada juga penginapan yang terletak persis di pinggir pantai ini. Pokoknya, akomodasi disini sudah tidak perlu bingung-bingung lagi. Yang penting, satu hal yang harus saya ingatkan buat teman-teman yang pengin kesini, khususnya para wanita, yaitu : jangan pakai bikini yaaaa, disini adatnya masih timur, walaupun letaknya ditengah. Tidak seperti pantai yang ada disebelah timur jauh sana, dimana adatnya malah barat banget.


Well, masih banyak sekali eksotisme pantai Gunung Kidul yang belum saya tuliskan, cooming soon deh ya..

Lihat juga keindahan pantai Sundak

Galeri Foto  :
Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Sadranan Snorkeling Spot

Pantai Ngandong, a family beach

Sunset Pantai Sadranan

Sunset Pantai Sadranan






2 comments:

Raras said...

aduh, suasananya indah banget,
pantai disana luar biasa ya gan?
indah

Media Informasi Wisata Jogja said...
This comment has been removed by a blog administrator.