Thursday, December 18, 2014

Menyepi di Air Terjun Curug Kali Karang, Purbalingga


Jalan-jalan kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu curug di Purbalingga yang berada di kecamatan rembang, yakni curug Kali Karang. Curug ini berada di desa Tanalum, dari terminal losari masih terus ke atas. Jika hendak kesana, tanyakan saja pada warga di sekitar situ, soalnya rute jalannya rumit. Untuk masuk ke area curug ini saya harus melewati jalan offroad yakni jalan berbatu dan berkerikil yang naik turun. harus sangat berhati-hati ketika mengendarainya, lengah sedikit bisa-bisa tergelincir. Kebetulan saya kesana pas hujan sedang turun, jadi saya harus extra hati-hati.


Saya parkir motor di pinggiran sungai, air terjun sudah terlihat didepan mata, untuk mendekatinya harus jalan sekitar 100 m untuk mencapai air terjun ini. Debit air waktu saya kesana sedang lumayan besar. Air terjun ini mempunyai tiga tingkatan. Yang paling tinggi adalah tingkat ke tiga, sekitar 60 meter. Dikarenakan faktor hujan, saya hanya dapat melihatnya dari dasar, alias tingkat pertama. Untuk menuju tingkatan selanjutnya harus melewati tebing berbatu dan berlumut yang tentunya licin saat hujan, dan beresiko untuk didaki. Tidak ada pengunjung lain hari itu, hanya saya sendiri dan petani yang sedang menggarap sawahnya. 



Curug ini akan lebih indah dan lebih terjangkau pada saat cuaca cerah, namun debit airnya akan lebih sedikit. Curug Kali Karang merupakan salah satu curug dari banyak curug di wilayah Purbalingga, mungkin pada perjalanan lainnya saya akan mengunjungi curug-curug lainnya. 

Banyak potensi wisata alam di Purbalingga yang tersembunyi, dan saya sebut sebagai the hidden paradise, namun pemerintah agaknya belum menganggap wisata alam di Purbalingga itu layak digarap. Pemerintah justru membuat wisata-wisata buatan seperti Owabong, Sanggaluri Park, dll. Yah, semoga kedepannya, pemerintah mau menggarap potensi wisata alam yang ada sehingga dapat menambah perbendaharaan objek wisata "layak kunjung" di Purbalingga.

3 comments:

endang puji astuti said...

Wow, thanks infonya. Baru tau nih klo di Purbalingga (kampung ortu saya) ada curug seindah ini. Ini jelas lebih menarik drpd Owabong.

Anonymous said...

Skrg jalan udah diperbaiki....sangat mudah menuju kesana...

Abenx Sagara said...

@Endang iya sebenernya masih banyak lagi yg lebih bagus cuma belum sempet posting nih, hehe

@Anonim, wah bagus itu berarti sudah ada kemajuan!