Friday, November 6, 2015

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula


Buat para petualang atau calon petualang (Newbie, seperti saya) pasti ada kalanya perjalanan kita mengarah ke pendakian sebuah gunung, baik itu karena ada suatu event, ataupun atas ajakan teman-teman petualang kita. Nah, repotnya, buat yang baru pertama kali naik gunung pasti bingung apa yang harus disiapkan dan bagaimana pula menyiapkannya. Sebenernya mendaki gunung itu simple saja persiapannya. Yang kita butuhkan disaat mendaki gunung adalah : Informasi, Fisik , Kesehatan, Keamanan, Kenyamanan.

Informasi. kenali medan, adat-istiadat, legenda, dan cerita masyarakat setempat. Terutama informasi tentang medan perjalanan. informasi ini akan sangat menentukan persiapan-persiapan kita sebelum melakukan pendakian, seperti apa saja yang harus dibawa, dibutuhkan, dan yang penting-penting. 

Cerita dan adat-istiadat masyarakat setempat juga harus dipatuhi. Biasanya ada pantangan-pantangan tertentu pada sebuah gunung, seperti dilarang berbicara tidak sopan, berbuat yang tidak baik seperti mabok-mabokan, dll. Legenda masyarakat selalu ada benarnya. ingat itu berrooooo..jangan seenak jidatmu. hehehe

Courtesy of NewThracianGold
Fisik tentunya sangat kita butuhkan supaya kita dapat naik terus sampai kepuncak tanpa halangan yang begitu berarti, misalnya sakit, capek, pegal-linu, dll. Sebaiknya sebelum melakukan pendakian, lakukanlah olahraga untuk stamina seperti lari-lari, jogging, berenang, dll. 

Pemanasan seperti itu sangat penting! saya pernah mengalaminya sendiri, ketika itu saya sudah lama tidak mendaki, dan saat mendaki, saya tidak ada persiapan apapun untuk fisik. Alhasil, capek, pegal, dan ngos-ngosan yang saya dapat, hahaha. Olahraga angkat beban untuk menguatkan beban pada punggung , pundak, dan lengan juga penting, karena saat pendakian, beban utama kita tertumpu pada tiga area tersebut. Kalo fisik sudah dipersiapkan sebelumnya, pasti keatasnya akan lebih lancarrrr jayaaa..

Kesehatan. INI SANGAT PENTING! ingat riwayat penyakit kita, jika ada yang begitu krusial seperti asma (parah) , jantung, dll, sebaiknya pikirkan kembali! Mendaki gunung itu bukanlah mendaki bukit. Saat sudah diatas, kita hanya bisa mengandalkan perlengkapan yang kita bawa dan rekan-rekan seperjalanan kita. Ingat! ga ada Rumah Sakit di gunung brooo. Bawalah obat-obatan secukupnya dan seperlunya, yang wajib dibawa adalah obat-obatan khas penyakit gunung seperti obat untuk demam, kedinginan / hipotermia, oralit / obat mencret, counterpain, dll. 

Keamanan. nahh, ini nih yang biasanya lalai dari para pendaki. Mentang-mentang udah banyak pengalaman, biasanya para pendaki yang ngakunya pro mengabaikan begitu saja keamanan perjalanan pendakian gunung. Kompas, gps, peta, belati, pisau, senapan, dll. Gunung itu liar, jadi apapun bisa terjadi, mungkin serangan binatang liar, jalur yang menyesatkan, dll. Maksimalkan keamanan sebisa mungkin.

courtesy of widerange.org
Kenyamanan. Nah, kenyamanan ini sangat penting supaya pendakian kita mulus, lancar, dan meninggalkan kesan perjalanan yang asik. Ga usah nggaya lah kalau mendaki gunung. Gunung itu ngga cocok buat pakaian-pakaian gaul sehari-hari. Juga ga usah sok "anak gunung" banget, apa-apa dibawa, tas ransel yang gedenya minta ampuun, pakaian tebel (pake banget), celana tebel (pake banget), de el el. bawa secukupnya dan seperlunya saja. ga mau kan? keberatan bawaan dijalan? hehe. Perlengkapan adventuring juga sangat mendukung kenyamanan kita seperti tenda, kompor, sleeping bag, matras, dll.

Baca Tulisan Pendakian Saya Mendaki Gunung-Gunung di Indonesia

Umunya yang dibawa dalam pendakian dibagi menjadi dua yaitu untuk Individu dan kelompok.

individu : 
- Pakaian hangat (sweater, jaket gunung / jaket tebal )
- kaos, celana, pakaian dalam, dll
- Obat-obatan pribadi
- tisu basah
- sepatu / sendal gunung
-sarung tangan
-penutup kepala (usahakan yang ikut menutupi telinga)
- alat komunikasi (handphone, dll)
- Charger Outdoor 
- Senter 
- batery
- tas ransel / carrier 
- mantel
- sleeping bag
- makanan cepat saji (mie, sardin, roti, dll)
- Air botolan

Kelompok : 
- tenda
- kompor - nesting
- p3k
- alat navigasi (peta, gps, kompas)
- makanan segar (sayur, telur, daging, dll)
- alat survival
- dll

Demikian, semoga berguna, kalau ada yang kurang, silahkan ditambahkan saja dikolom komentar ya sobb, trimssss :)

1 comments:

imam ciprut said...
This comment has been removed by a blog administrator.