Sabtu, 08 November 2014

Photo Story: Pasar Hewan Purbalingga



Mumpung lagi mudik alias balik kampung, saya sempatkan untuk sekedar menengok pasar hewan Purbalingga yang letaknya berada di sebelah terminal utama kota Purbalingga dan di belakang pasar Segamas. Pasar ini ya sebenarnya pasar hewan biasa yang menjual beraneka jenis hewan, ibarat kebun binatang mini, mulai dari bermacam-macam jenis burung, ayam, sapi, kambing, kelinci, kucing, marmut, dan hewan-hewan langka dilindungi (entah ada ijinnya atau tidak) seperti burung kakak tua jambul kuning, kukang, lutung, dll. Yang spesial di pasar hewan pada hari ini adalah , hari ini merupakan hari pasaran yakni kamis. Pasar hewan Purbalingga mempunyai hari pasaran pada hari senin dan kamis. Nah, pada saat hari pasaran itu, tidak hanya pedagang hewan saja yang meramaikan pasar, namun juga turut serta pedagang baju, peralatan rumah tangga, peralatan pertukangan, barang antik, obat-obat tradisional, dan lainnya.

Pasar hewan purbalingga juga terdapat lapak-lapak permanen khusus penjualan sepeda, kayu gelondongan, gerabah, perkakas, dll. Asiknya jalan-jalan waktu hari pasaran disini yakni banyak dagangan aneh-aneh yang ditawarkan dari pedagang-pedagang yang datang dari berbagai kecamatan di Purbalingga, bahkan dari luar kota seperti Banjarnegara, Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Pemalang, Tegal dan Kebumen.


Selain itu, suasana tawar menawarnya mengingatkan saya pada film-film tentang petualangan zaman dulu yang mengisahkan jual-beli pada pasar/ bazaar tradisionalnya dengan barang dagangan yang eksotis.Ya, hampir seperti itulah pasar hewan ini. Namun, bagi anda yang gampang mual , sebaiknya bawa masker / penutup hidung, soalnya bau hewan beserta kotorannya sangat menyengat, hehehe :D . So, cek foto-fotonya meen! (jelek ga papa, yang penting foto, hehe :P )

Dari arah pintu masuk langsung disambut lapak sepeda
Mencari sesuap nasi dari onderdil sepeda bekas
Jual sarang semut, manfaatnya segudang meen!
Ada barang antik, pipa rokok, cincin batu mulia, keris, tasbih, dll


Macam-macam jenis ayam, dari bangkok, kalkun, kate, dll


Musang

Ni burung gagak siapa yang mau melihara yaa?


Marmut yang imut


Kucing gunung atau Blacan, kecilnya imut-imut :3


Biar imut, tapi galak men! tuh sepasang cuma Rp. 400.000, pengin beli, tapi masih ragu-ragu -_-


Kucing campuran, buntutnya panjang dan melebar, kayak rubah, ini juga pingin belii,  hehe


Kukang, binatang nocturnal ini termasuk binatang langka yang pemalu, hanya dibandrol harga Rp.200.000 , hadeehh...


Macam-macam burung kicau dan hias ada disini, mereka sedang berlomba-lomba  siapa yang kicauannya paling merdu dan nyaring untuk menarik para pembeli.


Mau pulang ada yang jualan macam-macam herbal men! tuh kaan, kayak kembali kemasa abad pertengahan! 

3 comments:

Vito ngapak mengatakan...

siapa tuh yang kaos biru yah??
ahahaha,,,

Abenx Sagara mengatakan...

itu tukang parkir sarwannya beroo,, hahahaha

imam ciprut mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com