Jumat, 19 Desember 2014

Tips Melatih Otot Supaya Bisa Traveling Berhari-hari



Supaya saat kita traveling selalu fit dan bugar, kita perlu memperkuat tiga bagian utama - bahu, pergelangan kaki, dan otot inti-dengan melakukan latihan ini, diharapkan kamu dapat melewati segala rintangan yang berat.

Kekuatan otot tidak hanya diperoleh dengan angkat beban saja. "Jika anda tersandung didalam medan yang sulit, latihan ini membantu anda untuk pulih lebih cepat dari biasanya" Kata juara angkat besi, Dan John. Latihlah gerakan ini tiga kali dalam seminggu, dan kegiatan backpackingmu bakal lebih mudah dan menyenangkan. simak tips dari backpacker.com berikut ini.

Farmer's Walk
A. Farmer's Walk

Fungsi : Mencegah pergelangan kaki dari keseleo, dan mengkondisikan tulang, persendian, dan otot kaki dalam menahan beban yang berat

Cara : Berjalanlah sejauh 100 kaki/30 meter (disarankan pada lintasan yang panjang atau tidak melengkung) dengan menenteng beban pada masing-masing tangan seberat 4,5 kg keatas. Jaga supaya punggung dan tanganmu tetap lurus, berjongkok untuk mengangkat beban dari tanah menggunakan otot kakimu. Kemudian kembali berdiri ke posisi tegak sepenuhnya, sambil tetap menjaga bobot di kedua sisi tubuh. Berjalan maju dengan kecepatan normal sejauh 30 meter; berhenti dan turunkan lagi. ulangi sebanyak 20 kali per latihan.

Overhead Squat
B. Overhead Squat

Fungsi : Menguatkan bahu, pinggul, otot paha belakang (otot yang melindungimu dari cedera karena beban berat)

CaraAngkatlah sebuah barbel panjang dengan tangan ke atas kepala, sekitar 45 derajat dari tubuhmu (seperti membentuk huruf "Y"). Posisikan kaki Anda sedikit lebih lebar dari lebar bahu, dengan jari-jari kaki menunjuk sedikit ke luar. Jaga tanganmu tetap di atas dan turunkan sedikit, kontrol gerakanmu saat kamu menekuk lututmu sejauh yang kamu bisa. Angkat dengan meluruskan kakimu. Mulailah dengan tiga set dengan delapan repetisi empat kali seminggu dan turunkan menjadi dua kali seminggu.


C. Bear Crawl

Fungsi : Gerakan ini membantu membangun bahu, inti otot (bagian dada-perut), dan fleksor pinggul supaya dapat membantumu melintasi medan-medan yang sulit.

Cara : Mulai dengan membungkuk dan tangan meraih jauh kedepan (seperti yang dicontohkan pada gambar). Bergeraklah maju, "berjalan" pada telapak tangan dan kaki secepat mungkin. Istirahat selama 45 detik pada setiap set. Mulailah dengan lima kali merangkak sejauh 10 meter. Ulangi sampai lelah.
 
Dengan latihan fisik yang matang, maka diharapkan bagi para backpacker yang hobi melintasi medan berat, atau hobi menggendong ranselnya kemana-mana dapat melakukan perjalanan dengan enjoy.(dilansir dari backpacker.com)